Thursday , 29 June 2017
Latest Blog

Career Story

Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. (QS. Ar-Ra’d ayat 11)

Bicara karir, sebenarnya saya sendiri belum cukup puas dengan apa yang saya peroleh sekarang. Namun sudah selayaknya kita sebagai muslim selalu bersyukur atas apapun yang telah Allah berikan kepada kita.

Yah itung-itung share pengalaman, mudah-mudahan ada hikmah yang bisa diambil dari perjalanan hidup saya 🙂 Ambil yang baik, buang yang buruk !

Masa SD & SLTP (1991 – 1996) & (1996-1999)

Di masa SLTP saya masih belum begitu kenal dengan yang namanya karir. Seperti halnya anak-anak seusia saya pada umumnya yang masih gemar bermain dan ngalor ngidul mencari jati diri 🙂

Masa SLTA (1999-2002)

Memulai mencari penghasilan tambahan untuk biaya sekolah dengan membuka “Service Alat-Alat Elektronik” karena kondisi ekonomi orang tua yang kurang memadai untuk mencukupi biaya sekolah. Sekolahpun ditempuh dengan naik sepeda sepanjang 6 km di kelas 1 & 2 . Dan di kelas 3 naik koperades (angkutan pedesaan), namun masih disambung jalan kaki sepanjang 3 Km setiap harinya karena ongkos yang pas-pasan 🙁 . Tapi semua itu adalah roda kehidupan yang harus kita syukuri dan kita tafakuri. Dan setelah 3 tahun menjalani-nya Alhamdulillah lulus pada tahun 2002 dan mendapatkan nilai terbaik.

Masa Lulus STM s/d Dapet Kerja (Juli 2002 – Sept 2002)

Seusai lulus dari bangku STM saya ditawari pihak sekolah untuk melanjutkan ke jenjang kuliah dengan beasiswa, namun melihat kondisi orang tua yang sudah tidak mampu untuk memberikan uang bahkan sekedar untuk transport dan uang jajan, akhirnya saya putuskan untuk menolak kesempatan kuliah dengan beasiswa dan saya putuskan untuk mencari kerja di Kota Metropolitan yang konon memberikan 1000 janji kesuksesan.

Sebelum mandapatkan pekerjaan saya tinggal di rumah Ibu Kandung saya di Jakarta tepatnya di Terminal Kampung Rambutan. Disana profesi Ibu saya adalah sebagai tukang jualan nasi (WARTEG) nah disinilah saya coba bertarung dengan kerasnya kehidupan di Jakarta, yang istilahnya “kalau nggak capek ya nggak makan”, saya baru sadar bahwa hidup itu memang butuh pengorbanan yang tak sedikit. Bagaimana tidak, saya sempat membantu orang tua saya selama 3 bulan di WARTEG, wuiiih subhanallah berangkat pagi jam 6 pulang jam 9 malam. Rutinitas itu berjalan hampir setiap hari di kehidupan saya selama 3 bulan. Dan dari sinilah saya belajar makna hidup dari Ibu saya, kesabaran, keteguhan, semangat dan pantang menyerah. Mom … you’re my inspiration … you’re the Best

Ya Rabb sayangilah orang tua hamba yang telah begitu besar memberikan kasih sayangnya pada hamba

September 2002 – Januari 2009

Setelah melalui usaha melamar sana sini tanpa hasil yang memuaskan karena terbatasnya relasi dan uang sogokan, akhirnya saya mendapat panggilan interview dari sebuah perusahaan dan tepat pada tanggal 2 September 2002 saya di terima sebagai karyawan di PT. Subur Djaja Teguh sebagai Teknisi Komputer, suatu profesi yang sama sekali tidak saya sangka karena memang saya sama sekali tidak memiliki keahlian dibidang komputer kecuali hanya mengetik itupun menggunakan 11 jari 🙂 jari telunjuk tangan kanan dan kiri.

Nah disitu saya mulai belajar komputer dari cara Install , Trouble Shoot , Scanning Virus dll …. wah pokoknya dunia ini baru bagi saya. Saya hampir saja putus asa, karena bagi saya komputer itu koq sudah banget, lama mudengnya. Tapi entah kenapa setelah 2 bulan berjalan saya justru semakin semangat belajar komputer dan Alhamdulillah saya diangkat menjadi Karyawan Tetap. Di sela-sela kesibukan saya sebagai Pekerja saya berusaha menambah penghasilan di Terminal sebagai “Pedagang Asongan” dari mainan, makanan, accesoris dll … hampir sudah pernah saya lakoni. Alhamdulillah walaupun saya hidup di lingkungan Terminal namun saya berusaha untuk tetap menguatkan Aqidah saya. Status pedagang asongan ini saya jalani hampir 2 tahun. Nah setelah itu saya sudah merasa lelah, dan ingin mencari pekerjaan sampingan yang agak ringan. Nah saya sempat menjadi distributor makanan ringan di warung-warung dan kebetulan yang mensupply makanannya adalah bulik saya sendiri. Uhhh lagi-lagi saya gagal karena kurang Istiqomah. Sampingan yg satu ini cuma berjalan kurang lebih 3 bulan. Tapi Alhamdulillah walaupun gagal saya sudah pernah mencicipi jadi sales … 😀

Nah sampai pada akhirnya  membuka usaha sampingan sebagai Konsultan IT. Walaupun belum punya Badan Usaha tapi saya punya cita-cita “Suatu Hari Saya Bukan Sebagai Pekerja Namun Sebagai Pemberi Kerja”, Insya Allah.

Setelah kurang lebih 7 tahun saya bekerja di perusahaan ini, akhirnya saya memutuskan untuk resign pada tahun 2009 pada bulan Februari 2009 dengan beberapa faktor pertimbangan. Saya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang pernah terlibat dengan saya karena saya bisa belajar banyak di perusahaan ini.

Februari 2009 – Juni 2010

Tepat pada tanggal 2 Februari 2009 saya mengundurkan diri dari tempat kerja saya yang sebelumnya dengan berbagai alasan dan pertimbangan tentunya. Dan Alhamdulillah diterima bekerja di perusahaan beton Multi Nasional yakni di PT. Jaya Readymix (Jaya – Boral) salah satu anak perusahaan dari Boral Limited Australia yang berlokasi di Indonesia. Dan job yang saya lakukan juga tidak jauh berbeda dengan job sebelumnya yakni IT Support. Alhamdulillah banyak pengalaman baru yang saya dapat disini. Namun tidak lama berselang bekerja di perusahaan ini, lagi-lagi saya merasa perlu untuk mengembangkan karir diperusahaan lain, dan akhirnya saya memutuskan resign dari perusahaan ini pada akhir bulan Juni 2010.

Juli 2010 – September 2012

Pada bulan Juli 2010, lagi-lagi saya berpindah kantor ditempat yang baru sebagai IT Supervisor di salah satu perusahaan yang bergerak dibidang IT Services Provider (PT. Global Smart Solusindo) yang tentunya  secara total memberikan support terhadap client-client dalam bidang IT Services baik berupa Hardware, Software maupun Jasa Solusi IT. Disinilah saya banyak bertemu dengan proffesional IT berbagai perusahaan seperti Astra Group, Toyota, Bridgestone, IndosatM2, dan banyak lagi.

Tidak terasa 2 Tahun lebih saya bekerja pada perusahaan ini, hingga pada akhirnya pada bulan agustus 2012 merupakan bulan terakhir saya bekerja di perusahaan ini. Lagi-lagi saya memutuskan resign dikarenakan beberapa alasan yang cukup complex, salah satunya adalah ingin mencoba potensi diri untuk menjadi entrepeneur baik sebagai pedagang maupun mencoba peruntungan dengan menjadi freelancer IT.

September 2012 – Januari 2013

Direntang waktu ini-lah saya memulai untuk belajar menjadi pedagang, disini saya mencoba membuka Warung Sroto khas Banyumas didaerah Cileungsi dan juga membuat badan usaha dibidang IT yang saya namakan CV. Alifa Media Infotech dimana sebagai base camp adalah rumah saya sendiri.

Pahit-getir memulai proses dagang pun saya alami, dan saya sadar ternyata berdagang itu membutuhkan persiapan yang luar biasa, baik persiapan materi maupun mental. Sehingga pada akhirnya Warung Sroto tersebut saya putuskan untuk ditutup setelah 3  bulan berjalan dikarenakan tidak sebandingnya modal, tenaga dan waktu dengan omzet yang dihasilkan. Tidak menyerah sampai disini saya berniat akan membuka kembali usaha ini jika persiapan benar-benar sudah matang

Lalu bagaimana saya menghidupi keluarga selama 5 bulan ? Dari konsultan IT-lah saya mendapatkan beberapa project yang hasilnya Alhamdulillah cukup untuk menafkahi keluarga selama  5 bulan tersebut. Dan Alhamdulillah sampai tulisan ini saya update usaha tersebut masih berjalan walaupun belum maksimal, karena kemudian pada bulan Februari 2013  saya kembali bekerja di salah satu perusahaan retail pakaian muslim.

Februari 2013 s/d Sekarang

Ditengah kondisi ekonomi yang naik turun karena usaha yang belum menemukan jalan, disini Allah kembali menunjukkan kuasa-Nya saya diterima bekerja di salah satu perusahaan pakaian (butik) muslim terbesar di Indonesia sebagai IT Supervisor hari demi hari saya nikmati pekerjaan saya di perusahaan ini sebagai bentuk Syukur kepada Allah, lebih-lebih diperusahaan ini memberikan keloggaran waktu dalam beribadah, bahkan perusahaan ini sangat mengutamakan Sholat Berjama’ah di awal waktu. Dan sampai tulisan ini saya update alhamdulillah saya diberikan amanah menjadi Kepala Departemen Teknologi Informasi di perusahaan tersebut. Mudah-mudahan amanah ini bisa saya tunaikan dengan penuh tanggung jawab.

 

17 comments

  1. Mas fahru..salam kenal, masih inget ndak sama saya..kita kemaren chat membahas auracms seharian ndak selesai..sambil ngakak2..hehehe..saya salut dengan semua perjuangan yang Anda tulis diatas, EMPAT JEMPOLLL buat Anda…maju terus pantang menyerah…apapun halangan dan rintangan, jadikan itu semua menjadi cambuk untuk lebih semangat menghadapi masa depan…salam buat ibu Anda yang telah mempunyai anak sehebat Anda…kelak Anda akan jadi orang hebatt..AMIIINNN.

    Saya bisa ngrasain bagaimana susahnya hidup di jakarta…soalnya saya juga pernah hidup di jakarta sebagai pengangguran…hehehe. sekarang saya merantau di pontianak.

    Semoga kita bisa jadi teman walau hanya di dunia maya…besok chat lagi yahh..auracms-nya belum selesai dibahas.. ;))

    Best Regard,
    Dhidik

  2. Assalamu’alaikum
    Salam kenal mas fachrudin, kita sama-sama dari purwokerto,aku lulusan smk 75 pwt,tapiasli purbalingga.aku dah baca blognya antum.

  3. @Dhidik
    jazakallah atas dukungannya pak

    @slamet
    Wah sama-sama alumni purwokerto toh. Salam kenal juga akhi

  4. Subhanallah Akhi…..antum sungguh mulia punya cita-cita seperti itu…,jarang orang yg seperti antum akhi.antum mengikuti jejak Rasullah sebagai pengusaha/pedagang….

  5. @anto

    Jazakallah pak … semoga cita-cita ana terwujud. Amien … 🙂

  6. makasih atas pelajarannya,….pengalaman Mas Fahrudin bisa menjadi patokan ukur untuk keberhasilan saya, karena posisi yang saya lakukan hampir sama persis dengan yang Mas alami. di masa sma saya berjualan pempek goreng selama 3 tahun, kemudian saya magang di PT. BTN ( Persero ) di Bandar Lampung. dari lulus sma saya ditarik menjadi pegawai honorer di perusahaan tersebut, kemudian status pegawai honorer dihilangkan bukan menjadi lebih baik malah dikeluarkan…..dan Alhamdulillah saya dipanggil kembali untuk menjadi peawai koperasi di perusahaan tersebut sampai Juni 2008, dan sekarang saya dicoba bekerja dibidang lain tapi tetap di perusahaan tersebut yakni di bagian Intern ( Collection & Work Out ). kalau saya lihat dibagian ini saya akan mendapatkan kejelasan pekerjaan yang nantinya akan diangkat menjadi pegawai tetap….amin. inti dari semua ini adalah kesabaran….dan tawwakal….saya kira hanya saya yang mengalami nasib seperti ini, tapi setelah saya membaca riwayat Mas, saya jadi tambah yakin dan percaya, masa yang lebih jelas akan datang kepada saya……terimasih atas semuanya, history mas menjadi acuan buat saya untuk bertahan.

  7. sama-sama mas 🙂 ternyata ada yang mempunyai history yang sama dengan saya

  8. perjalanan hidup yang luar biasa…
    keep semangat dan terus bermimpi tapi jangan di siang bolong ya 😀

  9. Hehehehe..
    Nma kita sama yah…

    Salam kenal Om…:D

    Salam kenal juga mas 🙂

  10. SUNGGUH SULIT MASA2 YG ENTE JALANI,GW SALUT…SIIP DAH… TAPIIII…TETEP NIH,,, JANGAN LUPA DENGAN BERKAH YANG UDAH DI BERIKAN DARI ALLAH.SWT YA MAS…..

    salam kenal: arry gunanto (ENGINERING/DRP)

  11. Hebat..hebat..hebat, salut dech sama mas fachrudin. Bner2 pkrja krs dan slalu m’syukuri nikmat ALLAH SWT

  12. mas saya mau ngobrol lagi..

    udah lama g ngobrol kita..

    lagi sehat+baek2 aja kan??

    saya mau konsultasi neh…

  13. boleh … silahkan

  14. slam kenal mas, saya alumni smk kesatrian lulus tahun 1999 (angkatan pertama kelas MO)… klow ga salah angkatan pertama juga ya… ngemeng2 sy salut dengan perjuangannya, suatu saat nanti kyanya klow dibuat film dokumenter seruw juga tuw boss… ya klow kerasnya ibu kota kynya kita sama2 ngrasain.. saya stlh lulus dari kesatrian juga langsung ngrantauw ke jakarta, pertama kerja di bengkel cat mobil tapi ga dibayar soale sama omku jadi ga jelas bayarannya.. (*sedih juga klow inget).. terus kerja di PJTKI (kantor penyalur TKI gituw boss..) ya jadi tukang bersih-bersih ya top2nya moto copy gitulah.. mana bosnya orang Korea galak banget klow salah dibentak2 n dikatain anji*** (parah dech..).. ya bertahan lebih kurang 3 tahunan.. sampai akhirnya aku coba ikut ujian CPNS di Sekretariat Negara.. alhamdulillah diterima dan skrg jadi abdi negara sampai sekarang… pufhhh.. boss.. kapan2 ada waktu ngumpul2 alumni kesatrian yang di Jakarta ky seruw juga.. ya sekalian silahturahmi lah..

  15. mas Fahrudin…. salam kenal ya. ak angkatan 1999-2002 tepatnya di smk kesatrian sya ambil jrusan TM. saya sngat terharu stlah membaca kisah perjalannmu itu. hidup ini mmang penuh dengan tantangan yang harus kita hadapi.. sya pun ga jauh beda dengan kisah hdupmu yang berliku2 dan akhirnya kini saya terjerumus di dunia IT dah dlu ya kapan2 nyambung lgi… smoga SUKSES

  16. Hi udinn…
    Masih inget sy ga?
    Sama2 di subur sekitar thn 2002-2003 hehehe
    Udin hebat skrg..sukses terus yaa

  17. Hi Mba Inge … masih inget banget dong … kan banyak belajar dari mba inge dulu.
    Sekarang dimana mba ? Sukses buat Mba Inge juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

BIGTheme.net • Free Website Templates - Downlaod Full Themes