Friday , 18 August 2017
Latest Blog

Mekanisme Cicilan Ekstra KPR BTN

Hari ini (14/08/2014) sesuai dengan rencana hari sebelumnya saya meluncur ke Bank BTN KCP Cibubur dengan maksud untuk melakukan proses Cicilan Extra angsuran KPR.
Sesuai informasi yang saya peroleh, pada KPR BTN bisa melakukan proses cicilan extra agar bisa mengurangi Pokok Hutang yang berjalan. Dan alhamdulillah semua berjalan dengan lancar tanpa kendala.

Tanpa berbasa-basi lebih lama, saya akan share pengalaman saya tersebut dan semoga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan informasi ini.

#1 Kenapa KPR BTN ?
Ya karena saya belum mampu membeli rumah secara cash/tunai, jadi dengan niat memiliki rumah untuk menaungi keluarga, mau tidak mau KPR lah yang bisa menjadi solusi alternatif. Dan kebetulan yang menjadi kreditur adalah Bank BTN

#2 Apa itu Cicilan Ekstra ?
Cicilan Ekstra adalah proses pembayaran cicilan KPR diluar mekanisme yang ada. Dimana hasil pembayaran Cicilan Ekstra akan memotong langsung sisa Hutang Pokok (tanpa bunga). Karena jika cicilan standar adalah gabungan antara Cicilan Pokok + Bunga KPR.

#3 Jenis Cicilan Ekstra
Debitur memiliki 2 opsi Hasil dari Cicilan Ekstra :
– Mengurangi nilai nominal cicilan KPR yang sedang berjalan, namun masa jatuh tempo KPR tetap
– Mengurangi lama periode jatuh tempo KPR, namun nilai cicilan tetap.
(Silahkan dipilih yang paling sesuai dengan kebutuhan)

#4 Apa keuntungan Cicilan Ekstra ?
Jika sering melakukan cicilan ekstra maka hutang KPR dapat segera lunas, karena tidak lagi menghitung Bunga yang harus dibayarkan

#5 Bagaimana Mekanisme Melakukan Cicilan Ekstra ?
Ini yang penting, berikut tipsnya :

  • Sebelumnya lakukan proses pembayaran cicilan bulan berjalan, misalkan akan melakukan cicilan extra pada bulan Agustus 2014 maka pastikan angsuran untuk bulan agustus sudah selesai dibayarkan. Berdasarkan ketentuan Bank BTN proses auto debet akan dilakukan pada tanggal 7 atau 8 setiap bulannya.
  • Selanjutnya, mintalah rekening koran untuk mengetahui sisa Hutang Pokok KPR (biasanya dikenai biaya 5000)
  • Lalu untuk proses Cicilan Extra datanglah ke Kantor Cabang BTN tempat melakukan akad kredit KPR pertama kali.
  • Jumlah Cicilan Ekstra Minimal 5 x Nilai Angsuran yang sedang berlaku. Misalkan angsuran berjalan adalah Rp. 1 Jt perbulan, maka Cicilan Ekstra dapat dilakukan dengan nominal minimal Rp. 5 Juta
  • Silahkan setorkan uang yang akan digunakan sebagai cicilan ekstra kepada Bank BTN melalui prosedur setor tunai.
  • Siapkan materai 6000 sebanyak 2 lembar
  • Temui bagian “Loan Service”.
  • Jika sudah bertemu dengan bagian Loan Service, silahkan sampaikan maksud kedatangan anda untuk melakukan cicilan ekstra.
  • Ikuti prosedur yang ada dengan seksama dan tentunya teliti setiap dokumen yang ditandatangani.
  • Proses Selesai, dan anda akan memperoleh dokumen rincian berapa sisa hutang Pokok KPR BTN.

Semoga bermanfaat 🙂

Tambahan :
Penulis melakukan cicilan ekstra KPR BTN dengan pilihan opsi “Mengurangi Lama periode KPR, namun nilai cicilan tetap” dan Alhamdulillah berjalan dengan lancar

About Fahrudin

Seorang suami dan ayah dari 2 anak. Pecandu dunia Teknologi Informasi, bisa betah berjam-jam kalau sudah didepan Laptop+Internet. Dan perindu Syurga-Nya :)

52 comments

  1. Selamat pagi mas, Saya nasabah KPR BTN, maaf ttg masalah angsuran ekstra tersebut, ada batasan maksimal sudah mengangsur berapa kali? atau kalau angsuran flat nya habis, karena saya ambil KPR pada waktu itu bunga flat 2 tahun, dan ini mau berjalan 1 tahun, apa bisa ya mengangsur esktra? dan yang kedua benar tidak ada aturan terbaru dari BTN tentang pelunasan hanya bisa dilakukan kalau sudah angsuran sudah berjalan separuh dari masa angsuran, misal 10 tahun, 5 tahun baru bisa dilunasi (ini info yg saya dapat dari pgw bank BTN saat itu) pertanyaan saya apa memang benar aturan ini, apa berlaku di smua BTN seluruh Indonesia atau hanya di tempat hanya dilokasi saya di MALANG saja.

    Mohon penjelasan juga dikirim lewat email saya terimakasih banyakkkk

  2. @Pak Yoris

    Pertanyaan pertama : Dulu saya bisa melakukan cicilan ekstra setelah 3 tahun cicilan
    Pertanyaan kedua : Saya sendiri melakukan pelunasan di tahun ke 5

    Untuk lebih detilnya bisa ditanyakan langsung ke pihak BTN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

BIGTheme.net • Free Website Templates - Downlaod Full Themes